Jumat, 10 Juli 2015

PERANAN MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA


PERANAN MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA

          Makna dan peranan musik tradisional nusantara adalah mampu memenuhi kebutuhan estetis(keindahan) dan jiwa (sepiritual),pada umumnya dalam situasi normal dan tenang, orang lebihmenginginkan kehidupan mapan dan musik karawitan (jawa) di anggap mampu memenuhikehidupan itu. Mampu meredam emosi dan kemarahan jiwa yang tidak terkendali, dahulu leluhur orang jawa telah sampai pada tingkat pemahaman yang halus mengenai cara mengungkapkankemarahan orang lain. melalui bahasa musik dan bentuk gending, orang bisa marah, benci, rindu, jatuh cinta, mengkritik, memuji, protes kepada raja, menyindir ahli agama, dan sebagainya tanpaharus melukai orang yang di tuju. sebagai kekuatan dan sepirit.
Peranan musik tradisional antara lain, untuk kepentingan sosial, politik, dan hiburan,untuk sarana penyembuhan, untuk pendidikan apresiasi, untuk musikalisasi puisi, untuk mengiringi setiap prosesi ritual.
seni adalah suatu proses untuk menghasilkan suatu fantasi dan ilusi. demikian bila senimengandung nilai-nilai tinggi yang terbentuk dalam kurun waktu yang sangat lama. Di jawa sampai sekarang masih terdapat masyarakat yang begitu bergantung kepada musik di setia paspek kehidupannya.
nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisional nusantara adalah sebagai berikut.nilai religius,nilai moral atau pendidikan, nilai pola hidup bermasyarakat, nilai spiritual dan harapan, nilai adat istiadat, nilai komunikasi, dan sebagai simbol keanekaragaman etnis
Peranan musik tradisional nusantara
1)      Sebagai kebanggaan bagi daerah tersebut yang mencerminkan kekayaan budaya dengan karakter dan ciri khas yang berbeda dengan daerah lain.
2)      Sebagai media ekspresi dan komunikasi sosial budaya dalam masyarakat tersebut.
3)      Sebagai motifasi untuk melestarikan dan mencintai budaya daerah sebagai bagian dari budaya nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar