Rabu, 22 Juli 2015

Pasar Barang


A.      Pengertian Pasar Barang
        Dalam konteks ilmu ekonomi, pengertian pasar sebenarnya sangat luas, yaitu pertemuan antara permintaan dan penawaran barang dan jasa yang akan menghasilkan harga pasar. Dengan demikian, pasar tidak terikat oleh tempat maupun waktu. Secara garis besar terdapat dua jenis pasar yang sering menjadi pembahasan dalam ekonomi, yaitu pasar barang (output) dan pasar faktor produksi (input).
        Pasar barang atau pasar output merupakan pertemuan antara permintaan dan penawaran barang-barang hasil produksi seperti pakaian, kosmetik, sepeda motor, mobil, dan sebagainya. Permintaaan barang berasal dari rumah tangga konsumen, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Sedangkan penawaran barang berasal dari produsen, baik perusahaan kecil maupun besar.
B.      Bentuk-Bentuk Pasar Barang
Menurut bentuknya, pasar barang dibagi menjadi dua, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
1.       Pasar Persaingan Sempurna
       Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk pasar barang atau struktur industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga setiap penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.Pasar persaingan sempurna diyakini oleh para ekonom sebagai bentuk paling ideal untuk menjamin terwujudnya produksi barang dan jasa yang efisien.
a.       Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
1.       Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
2.       Barang yang diperjualbelikan bersifat sama (Homogen)
3.       Kebebasan untuk membuka usaha atau menutup usaha
4.       Informasi sempurna (Perfect Information)
                   b .Perilaku perusahaan dalam pasar persaingan sempurna
Perilaku perusahaan dalam pasar persaingan sempurna dapat dalam jangka pendek maupun panjang.
1.       Perilaku dalam jangka pendek
       Produsen pada pasar persaingan sempurna biasanya adalah produsen-produsen kecil. Dalam memperhitungkan tingkat keuntungan yang diperoleh, perusahaan akan membandingkan antara penerima total yang diterimanya dengan biaya total yang dikeluarkan. Penerimaan total (TR) merupakan perkalian antara/yang terjadi di pasar.
       Maksimasi keuntungan merupakan salah satu tujuan perusahaan dalam memproduksi suatu barang. Tujuan lainnya misalnya maksimasi penjualan, pertumbuhan perusahaan, dan kepuasan manajemen. Dalam jangka pendek, diasumsikan, jumlah produsen adalah tetap dan tidak ada perusahaan yang masuk atau keluar pasar. Produsen yang ingin bertahan harus menawarkan produknya dengan harga lebih tinggi atau minimal sama dengan biaya produksi per unit minimum yang harus dibayar.
2.       Perilaku dalam jangka panjang
      Dalam jangka panjang, akan banyak perushaan yang masuk dan keluar pasar. Misalnaya suatu saat perusahaan yang beroperasi di pasar persaingan sempurna memperoleh keuntungan lebih karena adanya kenaikan jumlah barang yang diminta, maka keuntungan lebih yang diperoleh perusahaan-perusahaan tersebut akan menarik minat perusahaan-perusahaan baru untuk ikut masuk ke dalam pasar dan menghasilkan barang yang sama. Masuknya perusahaan-perusahaan baru yang menghasilkan barang yang sama akan membuat jumlah barang yang ditawarkan dipasar  menjadi bertambah banyak, kondisi ini akan menurunkan harga yang terjadi dan penurunan harga ini akan menurunkan tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan. Selama masih ada tingkat keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan, maka masih ada perusahaan-perusaan baru yang masuk kedalam pasar untuk memperoleh keuntungan. Jika tidak ada lagi keuntungan lebih yang bisa diperoleh perusahaan, maka tidak ada lagi perusahaan-perusahaan baru yang masuk kedalam pasar. Keuntungan yang diperoleh pada saat itu disebut sebagai keuntungan normal.
     Sebaliknya jika permintaan suatu barang dipasar persaingan sempurna  berkurang, maka kondisi ini akan menurunkan tingkat harga dan tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan yang beroperasi di pasar. Jika harga yang terjadi lebih rendah dari biaya rata-ratanya, maka beberapa perusahaan mulai bangkrut. Perusahaan-perusahaan ini lebih baik keluar dari pasar daripada menanggung kerugian. Keluarnya beberapa perusahaan akan membuat jumlah barang yang ditawarkan di pasar menjadi berkurang. Hal ini akan menaikkan harga. Selama kenaikan harga yang terjadi belum memberi keuntungan bagi produsen, maka masih akan ada perusahaan yang keluar dari pasar. Kondisi ini baru berhenti jika produsen memperoleh keuntungan normal. Jadi kesimpulannya, dalam jangka panjang produsen di pasar persaingan sempurna hanya akan memperoleh laba norma.
                   c .Kelebihan dan kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
1.       Kelebihan Pasar persaingan Sempurna
a.Dalam jangka panjang akan terjadi efisiensi produksi.
    Dalam jangka panjang, semua perusahaan hanya mendapatkan laba normal
    dimana laba normal terjadi jika harga sama dengan biaya produksi yang terendah.
 b. Di dalam pasar persaingan sempurna, setiap pembeli dan penjual memiliki  
      kebebasan bertindak dan memilih.Dalam memproduksi barang tersebut,
      produsen berusaha mencapai kondisi yang akan menghasilkan laba maksimum.           
2.       Kelemahan Pasar Persaiangan Sempurna
a.       Tidak Mendorong Inovasi
Mudahnya perusahaan-perusahaan baru yang masuk kedalam pasar didorong oleh kemudahan dalam meniru produk yang dihasilkan oleh produsen pendahulu yang menikmati keuntungan lebih di pasar. Keadaan ini membuat produsen enggan melakukan inovasi dalam menghasilkan produk, karena produsen lain akan denngan mudahnya meniru hasil inovasi tersebut. Dengan enggannya produsen berinovasi, maka konsumen tidak dapat memenuhi sebagian kebutuhannya yang makin berkembang yang hanya dapat dipenuhi apabila ada inovasi dari produsen.


b.      Membatasi Pilihan Konsumen
Barang-barang yang dihasilkan oleh produsen pada pasar persaiangan sempurna identik satu sama lain sehingga memilki pilihan yang terbatas dalam menentukan barang yang dikonsumsinya. Pilihan yang terbatas akan mengakibatkan ada banyak kebutuhan konsumen yang belum dipenuhi.

              





                                   
             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar